Piala Presiden: Penalti Menit Akhir Menangkan Arema FC & TIRA Persikabo

By ommed


nusakini.com - Arema FC membutuhkan tendangan penalti di menit akhir untuk memetik kemenangan tipis 1-0 atas Persik Kediri dalam matchday kedua Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Rabu (15/6) malam WIB.

Hasil ini membuat persaingan di Grup D makin sengit, karena semua tim saling mengalahkan, sehingga masing-masing mengumpulkan poin tiga. Sebelumnya, PSM Makassar dipaksa menelan kekalahan 1-0 dari TIRA Persikabo yang juga dihasilkan lewat tendangan penalti di menit akhir.

Persik dan Arema mengawali pertandingan dengan hati-hati. Kedua tim bermain dengan tempo lamban, sehingga pertandingan di awal babak pertama ini tidak menghadirkan peluang.

Tempo permainan mengalami peningkatan selepas laga berjalan 15 menit. Ancaman pertama diberikan Persik melalui Renan Silva di menit ke-16, tapi sepakannya tidak menemui sasaran. Selepas itu, laga kembali berjalan membosankan.

Kesalahan individu penggawa Arema dalam memberikan umpan sering terjadi. Sedangkan Persik tidak melakukan tekanan berarti di pertahanan Singo Edan. Arema sempat mendapatkan peluang melalui set-piece menjelang babak pertama usai. Namun tendangan bebas Rizky Dwi masih mengarah ke pelukan kiper Kartika Ajie, sehingga skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Situasi pertandingan juga tidak mengalami perubahan di babak kedua. Persik dan Arema mencoba untuk memecahkan kebuntuan, tapi tidak banyak peluang berbahaya yang dihasilkan.

Arema akhirnya memastikan kemenangan menjelang laga berakhir melalui eksekusi penalti Irsyad Maulana. Hadiah penalti diberikan wasit yang menganggap Agil Munawar melakukan pelanggaran terhadap Irsyad di kotak terlarang.

Sementara pada pertandingan sore hari, PSM gagal mempertahankan puncak klasemen setelah dikalahkan TIRA Persikabo. Laskar Padjajaran memperlihatkan permainan terbuka di laga ini, dan mendapatkan peluang peluang lebih dulu pada menit ke-11. Sayangnya, tandukan Andy Setyo Nugroho masih bisa ditepis kiper Reza Arya Pratama.

Selang tiga menit kemudian, TIRA Persikabo kembali memberikan ancaman. Gustavo Tocantins lepas dari jebakan offside, dan selanjutnya hanya berhadap dengan Reza. Tapi Reza berhasil mematahkan sontekan Tocantins. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

PSM masih kesulitan untuk menghadirkan ancaman serius di pertahanan TIRA Persikabo di awal babak kedua. Peluang diperoleh Yakub Sayuri pada menit ke-63, tapi sepakannya melayang di atas mistar, meski hanya berhadapan dengan kiper Diky Indriyana.

Menjelang pertandingan berakhir, TIRA Persikabo akhirnya memastikan kemenangan lewat eksekusi penalti Ryan Kurnia. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran Ananda Raehan terhadap Tocatins di kotak terlarang. (gi/om)